Balado entog

Dipos pada February 18, 2022

Balado entog

Anda sedang mencari inspirasi resep Balado entog yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Balado entog yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Balado entog, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Balado entog enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Balado entog adalah 4 orang. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Oh ya untuk tambahan saja, waktu yang diperlukan dalam memasak Balado entog diperkirakan sekitar 2 jam.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Balado entog sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Balado entog memakai 23 jenis bahan dan 4 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Balado entog yang pedas manis gurih mantul banget,dagingnya juga empuk pdhal gak pake presto masaknya,lagi-lagi request suami dia yg beli entognya aku yang bagian masaknya... #PejuangGoldenBatikApron #CookPadIndonesia

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Balado entog:

  1. 1 ekor entog uk sedang
  2. 1 ikat daun kemangi
  3. Bumbu halus;
  4. 8 buah cabe rawit
  5. 2 buah cabe besar merah
  6. 6 siung bawang putih
  7. 8 siung bawang merah
  8. 1 sdt merica bubuk
  9. 2 sdt ketumbar bubuk
  10. 2 ruas jari jahe
  11. 1 ruas jari kencur
  12. 2 ruas jari lengkuas
  13. 6 butir kemiri sangrai
  14. Bumbu pelengkap;
  15. 2 lembar daun jeruk buang batang
  16. 3 lembar daun salam
  17. 2 batang serai iris tipis
  18. 1/2 gundu gula merah
  19. secukupnya Garam,penyedap rasa,gula putih
  20. 2 butir asam jawa
  21. Minyak goreng
  22. Bawang goreng
  23. secukupnya Air

Langkah-langkah untuk membuat Balado entog

1
Cuci bersih entog potong sesuai selera,sisihkan.Iris tipis semua bumbu halus dan batang serai masukan dlm blender beri minyak goreng kemudian haluskan hingga halus.
Balado entog - Step 1
Balado entog - Step 1
Balado entog - Step 1
2
Tumis bumbu halus hingga harum dan matang masukan potongan entog aduk2 kemudian beri air secukupnya diamkan...petik daun kemangi cuci bersih sisihkan.
Balado entog - Step 2
Balado entog - Step 2
3
Setelah air agak menyusut dan entog empuk beri bumbu pelengkap kemudian tes rasa,setelah dirasa cukup taburkan daun kemangi aduk rata.
Balado entog - Step 3
Balado entog - Step 3
4
Balado entog siap disajikan...
Balado entog - Step 4

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Sayur Lodeh Enak & Simple

Sayur Lodeh Enak & Simple

Sayur yang simple masaknya, cepat tapi rasanya selalu menggugah selera. Selamat mencoba 😊

7-8 orang
30 menit
111. Bandeng Presto

111. Bandeng Presto

Lebaran banyak pasar yang masih tutup jadi stok makanan yang bisa tahan lama disimpan di kulkas. Salah satunya bandeng presto. #PejuangGoldenApronBatik

Lodeh Campur

Lodeh Campur

Di hari Lebaran,hidangan khas Lebaran yang paling kuingat yaitu lodeh diberi ketupat/lontong rasanya enak & gurih walaupun kami tidak merayakannya tapi saya suka masak lodeh ini.Kali ini ku pingin masak aja lodeh ala Lebaran tapi vegetarian (tanpa daging) yang hanya terdiri dari sayuran yang tersedia di rumah👌Resep lodeh ini sekaligus untuk ikutan kegiatan #BemarongBerami_EngkayukCampur 👌 Resep ini juga untuk mengikuti kegiatan #PejuangGoldenBatikApron minggu keempat belas😘 Lodeh Campur By : ‎@divaerlinda_02012001 #lodehcampuraladiva #lodehcampur #BemarongBerami_EngkayukCampur #CeritaDapurHariIni #PekanKemenangan #sayuranwarnawarni #masakansantan #olahansantan #bagikaninspirasimu #cookpad_id #cookpadcommunity_kalbar #cookpadcommunity_borneo

Brongkos Daging Ayam

Brongkos Daging Ayam

Setelah lebaran kita banyak makan opor dan sambel goreng, minggu ini manda masak brongkos, namun yang berbeda adalah biasanya brongkos itu menggunakan daging sapi, kali ini daging sapinya manda ganti dengan daging ayam. dan untuk penggunaan telur tidak perlu yang namanya rendam2 semalam, cukup rebus bbrp menit saja sudah empuk. dengan metode 10:30:5 akhirnya manda bisa bikin brongkos sendiri yang nikmat. seneng bgt. #PejuangGoldenBatikApron #KopijosRamadan #CookpadCommunity_Yogyakarta #SelaluIstimewa #Kopijos

12 orang
1jam 30 menit
Tumis Kangkung

Tumis Kangkung

2 orang
30 Menit
Sayur nangka muda dan ceker

Sayur nangka muda dan ceker

. . . #DirumahAja #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadCommunity_PalangkaRaya

Singkong Ungkep bumbu Ketumbar

Singkong Ungkep bumbu Ketumbar

Bismillah …. Kemarin niat banget beli singkong , mau cobain resep dari mb Novi Herawati . Alhamdulillah ,Setelah nyobain …pas direbus singkongnya merekah,kecium wangi bumbunya …dan hasilnya ngeprul 🤭😁 Di santap langsung tanpa digoreng pun udah enak 👍😁 Apalagi setelah digoreng , jadi rebutan anak-anak. Terima kasih mb Novi Herawati @novia_82 resepnya 🙏 Resep asli : 👇 https://cookpad.com/id/resep/15885816?invite_token=Ii8e87 #PekanPosbar #Ungkepan

Sate Telur Puyuh Kecap ala Angkringan

Sate Telur Puyuh Kecap ala Angkringan

Salah satu menu kesukaan anak saya, biasanya saya cuma pakai kecap manis dan garam untuk membumbui telur puyuhnya. Kali ini saya coba resep dari Bu @atidewdew, enak sekali 🤤. Mengobati rasa kangen makan di angkringan karena selama pandemi ini jarang beli atau makan keluar. Saya buat dua kali resep, dibawah ini saya tuliskan resep aslinya ya. Source @atidewdew Ini link resep aslinya ya https://cookpad.com/id/r/16032442 #PekanPosbar #Dikecapinaja #ColamMatos #Matos_OlahanSerbaKecap #Matos_DikecapinAja #CookpadCommunity_Malang #PejuangGoldenBatikApron

Ayam Goreng Ketumbar

Ayam Goreng Ketumbar

First trial, ini ver saya kalau ada yg berbeda silahkan tinggal d kreasikan seperti yg bunda” mau.. but ini sangat simple dan udh enak banget.

Ayam kuning kemangi

Ayam kuning kemangi

Bosen dengan ayam goreng kita bs kreasikan masak menjadi menu yg lezat. Capcusss kita let's cooking

2org
20menit
Ayam Goreng Lengkuas

Ayam Goreng Lengkuas

Kalo kehabisan ide masak pasti deh ayam lengkuas jadi primadona nya ✌🏻

Ayam Bakar Teflon

Ayam Bakar Teflon

Alternatif lain selain digoreng nih. Tetep enak dan mateng sempurna. #pejuanggoldenbatikapron #PekanPosbar #Dikecapinaja

Bothok Tahu Kemangi

Bothok Tahu Kemangi

source : @riska_aprias Bothok Tahu Kemangi ini sedep banget, pas dilidah saya, sengaja tahu saya timbang, karena kalau ditulis biji kayaknya tiap daerah ukuran tahunya beda😊 #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya

Rendang Hati Ampela Ayam

Rendang Hati Ampela Ayam

Sebenarnya kangen bgt sm masakan khas lebaran ibu, yakni sambel goreng kreni krecek.. tp apalah daya, kalo beli daging gilinginnya bingung krn blm ada peralatan yg memadai🤣,, jd utk mengobati rindu ku bikin rendang aja walau rendangnya tetep menyesuaikan isi kulkas😂.. Sekalian utk menjawab #RamadhanCamp_misi8 dengan clue "Bawa Masakan Ibu ke Rumahmu",, krn masakan ibu identik dengan masakan khas lebaran kalo gak opor, sambel goreng, rendang dan tentu ketupat dong yaa.. kali ini sy bawa rendangnya ke rumah walau versi gak pedes dan dagingnya diganti hati ayam ajah🤭, surprisenya lagi anak2 sukaaa bgtt malah minta nambah hati ayamnya🤣 #PejuangGoldenBatikApron #RamadhanCamp_Misi8 #CeritaDapurHariIni #Kopijos #SelaluIstimewa #CookpadCommunity_Yogyakarta #KopijosRamadhan

Tumis ayam tempe kecap

Tumis ayam tempe kecap

Tumis ayam tempe kecap ini bisa banget buat menu makan anak yg tidak suka pedas, selain gampang bahannya juga mudah di dapatkan

5 porsi
30 menit
Ayam Betutu

Ayam Betutu

Waktu berkunjung ke Bali inget banget yang pertama kali dimakan adalah nasi campur Bali. Di dalamnya ada ayam betutu, ofcourse wkwk. Jadilah aku tertarik buat nyari² resepnya dan alhamdulillah dapet dari youtube, yang masaknya Chef Juna. Desclaimer : berhubung lagi mengurangi konsumsi gula harian, jadi gulanya aku skip ya. Selain itu, karena minggu ini udah makan kacang (pas lebaran) jadinya kacang gorengnya aku skip juga takut menumpuk omega 6 dalam tubuh hihi🤭 #pejuanggoldenbatikapron #CookpadCommunity_Bandung #PekanPosbar #Dikecapinaja

2 orang
Semur Ayam Kecap Berempah Pedas

Semur Ayam Kecap Berempah Pedas

Ikut meramaikan #ComboNgabibita_Dikecapan Dan #PekanPosbar mamah Cookpad #Dikecapin aja. Kali ini aq Cooksnap sesama #PejuangGoldenBatikApron. Sekalian memberi semangat untuk sesama pejuang GBA , jangan sampai bolos Nulis resepnya supaya tetep bisa lolos sampai Finish ya mbak @AnieSaryono #PesanSemangatPejuangGBA. menu Simple Yang enak request si paksu hehe dari sebelum lebaran dan baru kesampean sekarang hehe. Langsung aja yak keresep. Source : @AnieSaryono #PejuangGoldenBatikApron #PesanSemangatPejuangGBA #ComboNgabibita_Dikecapan #PekanPosbar #Dikecapin #CookpadCommunity_Bogor

Buntil (buntelan daun singkong dan daun pepaya)

Buntil (buntelan daun singkong dan daun pepaya)

Kebetulan ini makanan kesukaan ibu mertua dan suami jadi saya akan berbagi resep disini semoga bermanfaat

24 orang
Ayam goreng lengkuas

Ayam goreng lengkuas

#PejuangGoldenBatikApron (110522)

3 porsi
1 jam