Ikan Bawal Sambal Matah

Dipos pada March 29, 2022

Ikan Bawal Sambal Matah

Anda sedang mencari inspirasi resep Ikan Bawal Sambal Matah yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Ikan Bawal Sambal Matah yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Ikan Bawal Sambal Matah, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Ikan Bawal Sambal Matah enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Ikan Bawal Sambal Matah sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Ikan Bawal Sambal Matah memakai 17 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Kangen bgt sama rasa nya sambal matah ,kebetulan masih ada ikan tring tring... langsung kepikiran goreng ikan tinggal siram sama sambal matah..hihii nikmat ๐Ÿ˜‹ #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke7

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Ikan Bawal Sambal Matah:

  1. 2 ekor bawal
  2. Bumbu marinasi :
  3. 1 bawang putih
  4. 1 sdt ketumbar bubuk
  5. 1/4 sdt kunyit
  6. Garam (sedikit sja)
  7. Bahan Sambal matah :
  8. 12 bawang merah
  9. 2 bawang putih (cincang)
  10. 4 serai
  11. 20 cabe rawit
  12. 7 lembar daun jeruk (buang tulangnya)
  13. 1 buah jeruk nipis
  14. Garam (secukupnya)
  15. 1/4 sdt Kaldu bubuk
  16. 1 sdt Gula pasir
  17. Minyak panas (secukupnya)

Langkah-langkah untuk membuat Ikan Bawal Sambal Matah

1
Bersihkan ikan,marinasi lalu goreng,sisihkan
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 1
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 1
2
Siapkan bahan sambal
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 2
3
Iris bawang merah,daun jeruk dan rawit tambahkan garam,kaldu bubuk dan jg gula
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 3
4
Iris serai dan cincang bawang putih,lalu tumis sebentar
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 4
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 4
5
Campur semua bahan,lalu siram minyak panas aduk2 dan kasih perasan jeruk nipis
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 5
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 5
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 5
6
Pindahkan ikan ke piring saji,lalu siap di siram sambal matah,hmm segerrr
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 6
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 6
7
Ikan bawal goreng sambal matah siap di santap
Ikan Bawal Sambal Matah - Step 7

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

67. Keripik Usus Ayam ๐ŸŒ ๐ŸŒ 

67. Keripik Usus Ayam ๐ŸŒ ๐ŸŒ 

Salah satu cemilan favorite nih, sekali ngunyah, syusaah berentinyaa.. ๐Ÿคฃ Ngepasin juga sama Posbar Timlo minggu ini, bikin camilan atau lauk yang kriuuk, kering dan tahan lama saat disimpan ๐Ÿฅฐ *Minggu ke 6 GBA ๐ŸŒˆ #keripik #ususayam #posbartimlo #keripikususayam #TIMLO_AWETKERING #pejuanggoldenbatikapron #COOKPADCOMMUNITY_SOLO

2 - 4 orang
Singkong Goreng Empuk

Singkong Goreng Empuk

Cemilan untuk menemani minum kopi atau teh.

2 orang
50 menit
Terik Tahu

Terik Tahu

Di Magelang biasanya sayur terik tahu ini di jadikan menu pendamping bubur/nasi.. rasanya gurih dan anak-anak suka..

5 orang
1 jam
Kroket Tempe Isi Sosis

Kroket Tempe Isi Sosis

Bismillah Ini saya buat beberapa waktu lalu sebelum minyak langka ๐Ÿ˜ mencoba olahan lain dari tempe, dibuat ala ala kroket gitu. Enak lho buibu, tempenya saya campur dengan sayuran juga jadi lumayan lengkap ya nutrisi dalam kroket satu ini. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Jakarta #resepwindri2022 #week8

6 pcs
NASI MINYAK PALEMBANG โค๏ธโœจ(pake ricecooker)

NASI MINYAK PALEMBANG โค๏ธโœจ(pake ricecooker)

Nasi dengan aroma dan rasa nyam nyam, pelengkapnya bisa pake rendang, ayam bakar atau pake telor dadar aja juga udah enak nyam nyamโค๏ธโค๏ธโค๏ธ

6 - 8 porsi
1 jam 20 menit
Telur Tempe Bumbu Kuning

Telur Tempe Bumbu Kuning

Assalamu'alaikum.. Haii moms.. Alhamdulillah bisa berbagi resep ke-87.. Resep andalan alm ibuk tercinta dari jaman masihh kecil ๐Ÿฅฐ bisa ditambah ayam biar rasa kuah semakin nikmat.. Owhya.. Ini saya bikinnya porsi besar untuk jumat berkah ya moms.. Kalau mau porsi kecil tinggal kurangi aja porsi bahan dan bumbunya ๐Ÿ‘Œ Selamat mencoba moms โค #PejuangGoldenBatikApron #week6 #10Maret2022

Ayam Goreng Telur

Ayam Goreng Telur

#week5 Bismillahirrahmanirrahim Ayam goreeng ipin upiin.. Kesukaan kakak kedua..๐Ÿ— ๐Ÿ˜๐Ÿ’– #PejuangGoldenBatikApron #Semangcookhokyahokye #CookpadCommunity_Semarang

Kerang Kuning

Kerang Kuning

2 Orang
15 menit
Keumamah

Keumamah

45 menit
Kare ranjungan

Kare ranjungan

Permisi๐Ÿ‘๐Ÿ‘‹sudah lama tidak update masakan di cookpad..pas pingin update menu ada saja rasa gk mood untuk mengetik atau menulis..๐Ÿ˜Š Oh iya ini rajungan hasil tangkapan suami dilaut jadi masih segar dan manis dagingnya karna langsung diolah.

Bakwan Jagung

Bakwan Jagung

Bakwan jagung ini tibaยฒ muncul di kepala.. Emang sih pagi tadi agak bingung mau masak apa.. Karna anakku lagi kurang sehat jadi masak hari ini menu utama nya Sayur Sop, So.. pelengkapnya aku tambah 1 menu ini yg tetiba terbersit di kepala ๐Ÿ˜๐Ÿ˜ #PejuangGoldenBatikApron #Mingguketujuh

Bakwan Udang Cair

Bakwan Udang Cair

Ada sisa sedikit udang dan sisa sedikit sayuran, bingung mau di bikin apa. Akhirnya saya kepikiran buat bakwan aja tapi bakwan yang tetap lembut meskipun sudah dingin. Yap bakwan cair, untuk bumbu nya sama halnya dengan bakwan biasa hanya saja tekstur adonan lebih cair. Untuk sayuran bisa di tambahkan sesuai selera, karena saya hanya punya kol dan tauge ya sudah pakai seadanya saja, yang penting enak ๐Ÿ˜ rasanya mirip dengan takoyaki jika di nikmati dengan saos sambal dan mayo ๐Ÿคค #PejuangGoldenBatikApron #Mingguke5 #IdeMasak #CookpadCommunity_Borneo #CookpadCommunity_Kalteng #CookpadComkunity_Sampit

Gulai / Kalio Ayam

Gulai / Kalio Ayam

Bermula dari kepoin akun cp Uni @MitaNiez berakhir dengan banyak cookmark masakan Padang yang Uni buat. Karena selalu kepingin makan makanan Padang tapi kendalanya suami tidak mau beli makanan Padang jadilah masak di rumah dan ini bisa difoto setelah masak yang ke 3 kalinya, hihi Alhamdulillah di approved sama suami dan akhirnya bisa buat gulai sendiri dengan catatan mengurangi cabe dan menggunakan krimer pengganti santan. Jika ingin lebih pedas, bisa ditambah cabe nya ya Dan tentunya bisa menggunakan santan. Terima kasih UniCan @MitaNiez untuk resepnya dan untuk lepas bahasa Padang nya, sehat selalu untuk Uni dan keluarga disana yaaa Source : Uni @MitaNiez #GowesBecak_KeSumbar #CookpadCommunity_Jakarta #PejuangGoldenBatikApron #GenkPejuangDapur #GenkPeda_Eksis

Tempe Telur Bacem

Tempe Telur Bacem

Bikin menu yg simple aja buat setoran tugas CP Bali๐Ÿ˜ Tempe telur bacem ini bisa utk stok lauk tahan lama ya, simpan dalam kulkas. Nanti tinggal dipanasin aja atau digoreng utk lebih mantapnya. Nah, mumpung sudah mendekati bulan Ramadan, ini bisa jadi ide buat lauk waktu sahur bagi yang telat bangun dan gapunya waktu buat memasak๐Ÿคฉ So, bikin yang banyak sekalian yaa๐Ÿฅฐ #PejuangGoldenBatikApron #CPBali_MealPrep #CookpadCommunity_Bali #CookpadCommunity_Id #Cookpad_Id #PekanPosbar #IdeMasakHariIni #MasakItuSaya #CeritaDapurHariIni

Tahu Geprek

Tahu Geprek

Uda lama ga nyambel nih, yg kepikiran tahu di geprek wkwk cusss lah bikin ๐Ÿ˜‹ #Week07 #IdeMasak #SemangcookHokyaHokye #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Semarang

Tumis Buncis Daging

Tumis Buncis Daging

Recook dari youtube : wilgoz stfyani Sendok yg digunakan US measurement (sendok takar untuk kue). Jika pakai sendok makan biasa bisa dikali 2. Misal 1 sdm us measurement : 2 sdm sendok makan biasa.

5 orang
15 menit
09. Ayam Crispy Saus Gochujang๐Ÿ—๐ŸŒถ

09. Ayam Crispy Saus Gochujang๐Ÿ—๐ŸŒถ

Request bocilku ๐Ÿฅฐ pokonya serba ayam crispy mah pasti laku deh lauk dirumah ๐Ÿ˜ #PejuangGoldenBatikApron

Opor Ayam

Opor Ayam

Ini menu wajib anak2 minimal sebulan sekali ๐Ÿ˜ Meskipun enak dimakan pakai lontong, anak2 lebih suka dimakan pakai nasi karena ngga suka lontong, tapi kuah tetap disiram banyak ke nasi ๐Ÿ˜† Biasanya karena bikin opor kuahnya banyak, jadi kalau ada sisa kuah langsung masuk kulkas. Besoknya tinggal cemplungin telur dan tahu, jadi deh menu sarapan ๐Ÿ˜‰ Kalau suka rasa yang lebih berempah, bisa ditambahkan kayu manis dan cengkih yaaa... #PejuangGoldenBatikApron

4 orang
1 jam
Brokoli Semur Hati Ampela Ayam

Brokoli Semur Hati Ampela Ayam

. #PejuangGoldenBatikApron #GoldenBatikApronCeuNia #MasakanCeuNia #CookpadIndonesia