Tongkol Bumbu Kecap

Dipos pada April 17, 2022

Tongkol Bumbu Kecap

Anda sedang mencari inspirasi resep Tongkol Bumbu Kecap yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Tongkol Bumbu Kecap yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Tongkol Bumbu Kecap, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Tongkol Bumbu Kecap enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Tongkol Bumbu Kecap sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Tongkol Bumbu Kecap memakai 16 jenis bahan dan 5 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Pagi ini pengen masak tongkol cabe ijo, tapi karena anak-anak ikut makan jadi hanya memakai sedikit cabe hijau. Perpaduan kecap dan tomat hijau bikin masakan jadi sedep seger. Bikin yuk, gampang banget ini. #PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Tongkol Bumbu Kecap:

  1. 1 ekor tongkol uk. sedang, bersihkan
  2. 4 siung bawang putih
  3. 6 siung bawang merah
  4. 3 buah cabe ijo, untuk pecinta pedas makin banyak makin enak 🀭
  5. 5 buah tomat hijau kecil
  6. 2 sdm kecap manis
  7. 1/2 sdt Halawa rasa sapi
  8. 1/2 sdt gula pasir
  9. 150 ml air
  10. Garam
  11. 1/2 buah jeruk nipis, untuk melumuri ikan
  12. 🌡 Bumbu Ikan, haluskan:
  13. 2 siung bawang putih
  14. 1/2 sdt garam
  15. 1/2 sdt ketumbar
  16. 3-4 sdm air

Langkah-langkah untuk membuat Tongkol Bumbu Kecap

1
Lumuri ikan dengan jeruk nipis, diamkan beberapa saat. Cuci bersih, lalu lumuri dengan bumbu ikan. Diamkan sebentar agar bumbu meresap. Goreng ikan sampai matang. Jangan digoreng terlalu kering supaya tidak keras. Angkat, lalu suwir-suwir.
Tongkol Bumbu Kecap - Step 1
Tongkol Bumbu Kecap - Step 1
2
Siapkan bahan. Tumis bawang putih dan bawang merah sampai harum.
Tongkol Bumbu Kecap - Step 2
3
Masukkan cabe hijau. Tambahkan sebagian tomat hijau, oseng sebentar. Masukkan ikan, aduk rata lalu tambahkan air.
Tongkol Bumbu Kecap - Step 3
Tongkol Bumbu Kecap - Step 3
4
Bumbui dengan kecap, penyedap, gula, dan garam. Masak sampai bumbu meresap.
5
Masukkan sisa tomat hijau. Aduk sebentar saja, lalu matikan api. Dimakan sama nasi anget aja nglawuhi banget inih 😍
Tongkol Bumbu Kecap - Step 5

Resep Lain Yang Perlu Anda Coba

Tongseng Ati Ampela

Tongseng Ati Ampela

Sc : Fb Resep ke : 370.

Ayam Besengek

Ayam Besengek

Source : @rima2020 https://cookpad.com/id/resep/15670071?invite_token=HFYP2N Ini pertama kalinya nyobain ayam Besengek, ternyata enak. Terimakasih resepnya mbak Rima. Aku nyobain setengah resep #cookies_rima #cookpadcommunity_tangerang

2 porsi
30 menit
150. Ikan Nila Bumbu Ungkep

150. Ikan Nila Bumbu Ungkep

Udah lama ga makan ikan goreng, kali ini bikin Ikan Nila bumbu Ungkep nya mba @ciciliasalamony .. makasih mba Cil sharing tentang ungkepannya, byk bgt resep2 nya 😍😍 #Tiketmitapperdanacode_2022 #TemanCode_Cicilia #TemanDepok_Cicilia #CookpadCommunity_Depok #ungkepan

Nasi Uduk Magic Com

Nasi Uduk Magic Com

7 Orang
45 menit
Mie Kari Ayam Kecombrang Ala Shebb's Kitchen

Mie Kari Ayam Kecombrang Ala Shebb's Kitchen

YT : Shebb's Kitchen IG : Shebb's Kitchen

3 orang
1 jam
Ragit (roti jala) Khas Palembang

Ragit (roti jala) Khas Palembang

Hasil jalan2 mba @wulanandri dalam sharing Senin mengajak saya beneran kangen #RekreasiPalembang .. liat resep nya @desfita_rozzen enak buat sarapan pagi #KreasiCoDe_Wongkito #Rekreasi_Palembang #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Depok

6 porsi
1 jam
Tumis Cabe Ijo

Tumis Cabe Ijo

Masakan ini sering ada di prasmanan hajatan di daerah sy biasanya disajikan dengan kentang balado dan bihun goreng😊

3 orang
35 menit
Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Assalaamu'alaikum.. BismiLLAAH.. Pagi2 td mau nyiapin utk cemil2 dan sarapan bocil6.. ada tempe,, kalau digoreng garit ada bbrp bocil yg kurang suka,, akhirnya dibikin mendoan yg semua doyan.. nyumm..

rame-rame
15 menit
Asem-asem ikan kucul

Asem-asem ikan kucul

Akhir2 ini sekeluarga kolesterolnya tinggi, apalagi ibuk harus dijaga makannya, otomatis harus bikin masakan no oil, no digongso, tinggal cemplung2. Resep ini otentik khas Tuban, dan resep keluarga. #PejuangGoldenBatikApron

3 orang
45 menit
Resep Mie Ayam Rumahan Ala Shebb's Kitchen

Resep Mie Ayam Rumahan Ala Shebb's Kitchen

Di resep Mie ayam ini Shebb's Kitchen ga gunakan minyak ayam ya moms yang Shebb's Kitchen gunakan minyak bawang putih (sesuai selera). YT : Shebb's Kitchen

6 orang
1 jam 30 menit
Tempe dan Tahu Bacem

Tempe dan Tahu Bacem

Resep tempe dan tahu bacem dengan bahan seadanya. Bahan

4 orang
1 jam
Ayam Saus Kopi (Chicken Coffee)

Ayam Saus Kopi (Chicken Coffee)

Edisi penasaran sama resep satu ini.. Ayam saos kopi hitam.. Ternyata rasanya enaaak.. Anak-anak suka, makan lahap banget.. Cooksnap resep mbak @evisdsarwendah #CoboyGiveaway_NgacoEvis #Ngaco_CoffeeIminLove #Coboy_MakeMeHappy #KopiKekinian #PekanPosbar #TiketGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Surabaya

Ayam ungkep

Ayam ungkep

Bekerja dari rumah harus berinisiatif membuat semuanya jadi mudah. Jadwal kerja yang padat, tapi tetap bisa makan dengan nikmat. Ini salah satu olahan yang bisa dibuat. Mudah, bergizi dan cukup murah untuk mendapatkan asupan protein yang mencukupi. Cocok juga untuk inspirasi menu sahur nanti. Dari satu olahan ungkep ini, bisa menjadi ayam goreng, ayam bakar dan ayam panggang. Ungkepan ini bisa disimpan untuk 7 hari ke depan. Simpan di wadah kedap udara dalam kulkas ya. Silakan dicoba, resep dan takaran bisa disesuaikan dengan selera.

Seblak Tempura Ekonomis tanpa kerupuk/makaroni

Seblak Tempura Ekonomis tanpa kerupuk/makaroni

Saya sangat menyukai makanan pedas/kuah pedas. Salah satunya yang aku suka yaitu seblak. Namun aku sering bikin sendiri seblak ini dari pada beli. Karena bahan yang minim juga murah dan lebih enak πŸ˜‹ oh ya kalau resep ini aku gunakan adalah sosis Tempura ya/sosis ikan dan tanpa kerupuk ya gais...

1 orang
35 menit
Ayam Kecap Bawang Bombay

Ayam Kecap Bawang Bombay

Masih dalam rangka #TiketGoldenBatikApron jadi harus rajin upload hehe. #PejuangGoldenBatikApron #CookpadCommunity_Sumut Source: @ihdanas Dengan sedikit modifikasi dari aku. Cobain juga yuk..